Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Objek Penelitian Menurut Para Ahli

Pengertian objek penelitian menurut para ahli

Pengertian objek penelitian menurut para ahli

Yang dimaksud obyek penelitian, adalah hal yang menjadi sasaran penelitian ( Kamus Bahasa Indonersia; 1989: 622). Menurut (Supranto 2000: 21) obyek penelitian adalah himpunan elemen yang dapat berupa orang, organisasi atau barang yang akan diteliti.

Apa yang dimaksud dengan objek penelitian menurut para ahli?

Menurut Sugiyono (2014:20) objek penelitian adalah sebagai berikut “Suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, objek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya”.

Apa yang dimaksud dengan subjek dan objek penelitian?

Subjek penelitian berarti : siapa atau apa yang bisa memberikan kalian informasi dan data untuk memenuhi topik penelitian kalian. Sedangkan objek penelitian berarti : masalah yang kalian teliti.

Apa itu subjek penelitian menurut para ahli?

Pengertian Subjek Penelitian Menurut Para Ahli Sedangkan menurut Muhammad Idrus (2009), subjek penelitian adalah elemen benda, individu maupun organisme sebagai sumber informasi yang diperlukan peneliti untuk mendapatkan data penelitian.

Apa yang dimaksud dengan objek dalam penelitian kualitatif?

Dalam penelitian kualitatif objek penelitian adalah teks. Menurut Lofland dan Lofland (dalam Moleong, 2012, hlm. 157) sumber data utama dalam penelitian kualitatif adalah kata-kata, dan tindakan selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lain.

Apa yang dimaksud dengan objek penelitian brainly?

Jawaban: Objek penelitian merupakan permasalahan yang diteliti, dari orang, obyek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

Apa itu subjek penelitian menurut Sugiyono?

Pengertian subjek & objek penelitian menurut Sugiyono (2013:32) adalah sebagai berikut: “subjek penelitian merupakan suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, objek atau kegiatan yang mempunyai variabel tertentu yang ditetapkan untuk dipelajari dan ditarik kesimpulan.” Subjek Penelitian ini adalah perusahaan

Bagaimana cara menentukan objek penelitian?

Cara Menentukan Objek Penelitian

  1. Mengidentifikasi judul penelitian Anda.
  2. Lakukan identifikasi ulang masalah penelitian Anda.
  3. Buat latar belakang dengan alur yang benar.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan objek?

Jawaban ini terverifikasi. Objek dan pelengkap dalam bahasa Indonesia hampir sering diartikan sama padahal keduanya berbeda. Objek dan pelengkap merupakan unsur fungsional kalimat. Objek adalah kata atau hal yang dikerjakan oleh subjek. Berupa kata benda atau nomina.

Apa itu objek dan subjek?

Sebagai aturan dasar, subjek adalah orang atau benda yang melakukan sesuatu sedangkan objek adalah orang atau benda yang sedang menerima sesuatu tindakan itu. Subjek dan objek memiliki fungsi yang berlawanan dalam sebuah kalimat.

Apa itu objek penelitian sosial?

Objek penelitian dalam sosiologi adalah manusia. Lebih spesifik, sosiologi meneliti manusia dari aspek sosialnya yang disebut sebagai masyarakat.

Apa yang dimaksud dengan subjek penelitian dan contohnya?

Subjek penelitian adalah individu yang ikut serta dalam riset. Informasi (atau 'data') dikumpulkan dari atau tentang individu untuk membantu menjawab pertanyaan yang sedang dipelajari. Terkadang subjek riset disebut sebagai manusia, partisipan, atau sukarelawan studi.

Apa yang menjadi objek penelitian sejarah?

Objek penelitian sejarah adalah hal yang dipikirkan, dikatakan, dirasakan dan dialami oleh manusia dalam dimensi waktu dan ruang. Selain menjadi objek, manusia dalam kajian sejarah dapat juga bertindak sebagai subjek atau pelaku sejarah.

Apa itu subjek penelitian dalam penelitian kuantitatif?

Subjek penelitian adalah individu, benda atau organisme yang dijadikan informasi yang dibutuhkan dalam pengumpulan data penelitian. Istilah lain dari subjek penelitian lebih dikenal dengan responden, yaitu orang yang memberi respon atau informasi yang dibutuhkan dalam pengumpulan data penelitian.

Bagaimana cara menentukan subjek penelitian?

Ada cara untuk bisa mengetahui subjek dari penelitian yaitu dengan sebagai berikut : Tergolong individu, bisa juga bersifat kelompok. Yang dijadikan sumber data dari investigator atau peneliti. Subjek bisa didapat melalui interaksi atau bisa juga melalui identifikasi informasi yang telah dikemukakan oleh subjek riset.

Mengapa objek penelitian itu penting?

Objek Penelitian merupakan komponen utama yang memiliki kedudukan penting dalam suatu Penelitian karena di dalam objek Penelitian ini terdapat variabel-variabel yang menjadi kajian untuk diteliti.

Apakah semua masalah dapat dijadikan objek penelitian?

Tidak semua masalah dapat diangkat menjadi penelitian. Menurut Hulley dan Cummings, ada 5 syarat yang harus dipenuhi, yaitu: FINER (Feasible, Interesting, Novel, Ethical, Relevant). Atau: kemampulaksanaan, menarik, memberikan sesuatu pengetahuan yang baru, etis serta relevan.

Apa saja objek penelitian bahasa?

Bahasa sebagai objek penelitian yang dijelaskan oleh teori bahasa atau linguistik memiliki beberapa aspek, seperti fonem, morfem, kata, frase, klausa, kalimat, wacana, teks, pengguna, kegunaan, makna, konteks, dan lain-lain.

Apa yang menjadi objek dalam penelitian hukum?

Obyek kajian ilmu hukum sesungguhnya adalah norma, dan bukan sikap atau perilaku manusia, seperti yang dijadikan obyek kajian misalnya oleh ilmu sosiologi, anthropologi, psikologi, ekonomi, dan politik.

Apa yang menjadi objek penelitian dalam IPA?

Pada dasarnya, objek pengamatan IPA adalah segala sesuatu yang bersifat nyata atau konkret yang ada di alam semesta. Untuk melakukan pengamatan di bidang IPA, detikers bisa menjadikan makhluk hidup, benda langit, bahkan benda tak hidup, seperti mesin dan bahan kimia sebagai objek pengamatan, lho.

10 Pengertian objek penelitian menurut para ahli Images

37 Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli Lengkap Dengan gambar

37 Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli Lengkap Dengan gambar

Definisi Biologi menurut para ahli Pie Chart

Definisi Biologi menurut para ahli Pie Chart

Kata Kata Bijak Utk Seorang Pemimpin  Healthy Life  Katakata

Kata Kata Bijak Utk Seorang Pemimpin Healthy Life Katakata

Makalahid  Apakah anda sudah paham seperti apa skripsi akuntansi

Makalahid Apakah anda sudah paham seperti apa skripsi akuntansi

Makalahid  Sudahkah anda mengetahui tentang apa saja judul skripsi

Makalahid Sudahkah anda mengetahui tentang apa saja judul skripsi

Cobalah untuk tidak menjadi seorang yang sukses tapi jadilah seorang

Cobalah untuk tidak menjadi seorang yang sukses tapi jadilah seorang

Kisah Nabi Dan Sejarah Islam  di Instagram Dunia hanya tempat

Kisah Nabi Dan Sejarah Islam di Instagram Dunia hanya tempat

Pin oleh Heru di iThink  Buku filsafat Kutipan filsafat Kutipan

Pin oleh Heru di iThink Buku filsafat Kutipan filsafat Kutipan

pengertian arti dan simbol flowchart  Diagram alir Panduan belajar

pengertian arti dan simbol flowchart Diagram alir Panduan belajar

Post a Comment for "Pengertian Objek Penelitian Menurut Para Ahli"